Berita / Berita Terbaru / Detail

Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen melalui program kesehatan olahraga menyelenggarakan tes kebugaran yang diikuti oleh 35 petugas pengelola kesehatan olahraga dari 35 Puskesmas yang ada di Kabupaten Kebumen. Tes kebugaran tersebut berlangsung di alun-alun Kebumen pada tanggal 14 Februari 2019 yang dimulai pada pukul 07.00 WIB. 

 

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kabupaten Kebumen Kusbiyantoro, S.KM Mkes memberi sambutan sekaligus membuka acara tersebut. Tujuan dari tes kebugaran tersebut sebagai bentuk orientasi kebugaran jasmani calon jemaah haji bagi petugas Puskesmas. Orientasi terlebih dahulu kepada petugas Puskesmas yang nantinya akan melakukan tes kebugaran bagi calon jemaah haji.

Orientasi tes yang dilakukan ada dua jenis. Adapun tes tersebut yaitu rockport untuk usia di bawah 59 tahun dan jalan cepat selama 6 menit untuk usia di atas 59 tahun. Tes itu dilakukan 1,6 KM yang selanjutnya peserta akan diukur denyut nadinya dan tekanan darahnya.

“Kemudian akan disesuaikan pada kartu menuju bugar untuk melihat hasil yang didapat,” ungkapnya.

Harapannya dengan orientasi yang diberikan tersebut dapat lebih maksimal dalam melaksanakan tes kebugaran bagi calon jemaah haji. Dengan begitu nantinya para calon jemaah haji dapat menjalankan ibadah dengan baik, tentunya dengan tubuh yang bugar.

Semoga petugas Puskesmas dapat lebih optimal dalam melaksaksanakan tes kebugaran untuk mengetahui tingkat kebugaran jemaah haji

Penulis : Martanto, S.KM

Editor : Aseska Galuh atmaja