Arsip Agenda Kegiatan

Berita

Berita / Agenda Kegiatan / Detail

Imunisasi Meningitis Tingkat Kabupaten Bagi Calon Jamaah Haji Kabupaten Kebumen

03 Juli 2017 11:11:36 WIB dibaca 1277 kali



Meningitis merupakan penyakit menular yang menginfeksi dan menyebabkan radang selaput otak dan sumsung tulang belakang (meninges). Penyakit meningitis menjadi salah satu penyakit yang menjadi perhatian dunia karena tingkat kemungkinan kesembuhannya sangat kecil bahkan bisa menyebabkan kematian. Salah satu cara yang efektif untuk mencegah penyakit meningitis adalah melakukan imunisasi meningitis.

Arab Saudi merupakan tempat berkumpulnya umat Muslim dari berbagai negara yang ingin melaksanakan ibadah haji. Berkumpulnya manusia dalam jumlah yang sangat besar dapat meningkatkan resiko penularan penyakit meningitis apalagai dalam keadaan yang ramai,akomodasi transportasi umum, virus berbahaya dapat mudah menular dari jamaah yang satu ke jamaah yang lain. Arab Saudi dan Indonesia telah melakukan perjanjian bahwa imunisasi meningitis merupakan syarat wajib bagi calon jamaah haji yang akan menunaikan ibadah di Tanah Suci. Atas dasar itulah Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen mewajibkan seluruh calon jamaah haji Kabupaten Kebumen untuk melakukan imunisasi meningitis. Pemerintah secara gratis memberikan imunisasi meningitis kepaada seluruh calon jamaah haji. Tujuannya adalah untuk meminimalisir masalah kesehatan dan menjaga kelancaran ibadah haji. Manfaatnya bagi calon jamaah haji dapat mengurangi resiko tertular penyakit meningitis karena telah memiliki antibodi yang didapat dari imunisasi tersebut.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen melaksanakan kegiatan imunisasi meningitis selama empat hari yaitu tanggal 3 juli 2017 sampai dengan tanggal 6 juli 2017. Kegiatan ini merupakan langkah nyata dinas kesehatan kabupaten kebumen untuk mengurangi resiko terjadinya penularan penyakit meningitis pada jamaah haji karena nantinya pada saat melakukan ibadah haji di tanah suci akan berinteraksi dengan banyak orang yang berasal dari berbagai negara. Pelaksanaan imunisasi meningitis bertempat di Hotel Candisari, Karanganyar, Kabupaten Kebumen. 


Setiap harinya terdapat jadwal calon jamaah haji yangmelakukan imunisasi berdasarkan wilayah Puskesmas masing-masing. Sebelumnya, dinas kesehatan kabupaten kebumen telah melakukan koordinasi dengan semua puskesmas yang ada di kebumen untuk menyampaikan informasi pelaksanaan imunisasi kepada calon jamaah haji kabupaten kebumen. Calon jamaah haji yang datang ke lokasi pelaksanaan imunisasi mengambil nomor antrian terlebih dahulu untuk selanjutnya melakukan registrasi. Setelah itu jamaah haji yang akan diimunisasi langsung menuju ke bagian tim pelayanan kesehatan yang telah disediakan dilokasi. Khusus bagi wanita usia subur dilakukan pengecekan kehamilan menggunakan urin untuk menghindari kontraindikasi terhadap vaksin meningitis. Terdapat 6 pos pelayanan kesehatan, masing-masing pos terdiri dari 1 dokter, 1 perawat dan 1 tenaga kesehatan masyarakat. Sistem yang ada sangat  membantu  pelaksanaan imunisasi meningitis sehingga dalam prosesnya dapat berjalan lancar dan tidak terjadi penumpukan pasien yang berarti. Data calon jamaah haji yang telah melakukan imunisasi meningitis langsung dicatat menggunakan laptop oleh petugas. Dari data tersebut, 1093  calon jamaah haji telah melakukan imunisasi meningitis.