Berita

Berita / Berita Terbaru / Detail

CTPS DI MIN 3 GROGOL PENATUS PETANAHAN

Berita Terbaru 24 Januari 2020 11:19:09 WIB dibaca 30 kali

Ratusan Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 desa Grogolpenatus Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun. Ratusan siswa dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN)  3 di Desa Grogolpenatus Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen, mempraktekan cuci tangan pakai sabun secara bersama-sama.  Kegiatan ini digelar oleh Programer Kesehatan Lingkungan Puskesmas Petanahan yang bekerjasama Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN)  3 di Desa Grogolpenatus pada hari Jumat (21/01).  Acara dibuka secara langsung oleh Kepala Sekolah/Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN)  3 di Desa Grogolpenatus.

Petugas Sanitarian Puskesmas Petanahan  Wiji Wahyuningtyas mengatakan kegiatan yang digelar inin ditujukan untuk menanamkan  perilaku hidup bersih sehat pada siswa MIN khususnya dan masyarakat pada umumnya.  Dengan kegiatan ini diharapkan tumbuh kesadaran masyarakat dan terbangunnya komitmen dari seluruh masyarakat sekolah dan masyarakat umum  untuk berupaya berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). “Kami juga berharap pemerintah nantinya bisa memfasilitasi kebutuhan sarana dan prasarana bagi terselenggaranya perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah-sekolah,” tuturnya.

Selain melakukan praktek cuci tangan pakai sabun, para siswa dan guru juga mendapatkan sosialiasi terkait perilaku hidup bersih dan sehat, Pada kesempatan tersebut guru-guru juga diingatkan untuk tidak merokok apalagi di lingkungan sekolah. 

Wiji juga menyampaikan  dengan implementasi pola hidup bersih dan sehat tersebut diharapkan dapat meminimalisir ancaman berbagai macam penyakit. Sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan lancar. dan pencapaian prestasi siswa,semakin mudah ”pungkasnya. 

Dalam Kesempatan terpisah, dr. Budi Satrio, MKes Kepala DInas Kesehatan Kabupaten Kebumen membenarkan dan menyatakan, mendukung kegiatan puskesmas ini, berpesan agar dijadikan kegiatan rutin.  Lebih lanjut Dr. Budi Satrio menyelaskan bahwa,  Tangan merupakan bagian tubuh manusia yg paing sering berhubungan dengan luar, sekaligus yangbpailing berperan dalam memasukkan makanan ke dalam mulut.  Sehingga jika tidak dalam kondisi baik atau bersih, maka akan menjadi media utama penyebaran penyakit pencernaan. Penyakit yang sangat dominan tertular melalui tangan adalah diare, caingan, dan ISPA (Inspeksi Saluran Pernapasan Atas).

Dalam aspek lain kesadaran akan pentingnya kesehatan harus ditanamkan sejak dini dan terus menerus  serta tidak bisa dilakukan secara instant.  Sehingga upaya-upaya penanaman PHBS haarus berkelanjutan dan berkesinambungan.  Salah satu upaya untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya PHBS adalah melalui pembiasaan CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun).