Berita

Berita / Berita Terbaru / Detail

RANGKAIAN KEGIATAN HKJS 2020 UPTD PUSKESMAS PETANAHAN MELAKSANAKAN PEMBAGIAN SEMBAKO & KUNJUNGAN RUMAH ODGJ

09 Oktober 2020 15:50:46 WIB dibaca 185 kali

Kesehatan jiwa adalah suatu kondisi dimana seorang individu dapat berkembang secara fisik, mental, spiritual, dan sosial sehingga individu tersebut menyadari kemampuan sendiri, dapat mengatasi tekanan, dan dapat bekerja secara produktif, dan mampu memberikan kontribusi untuk komunitasnya (UU No 18 tahun 2014 tentang Kesehatan Jiwa).

Rangkaian peringatan HKJS salah satunya dengan melaksanakan kunjungan rumah dan pembagian sembako kepada ODGJ. Kepala UPTD Puskesmas Petanahan dr. R.Sunarko Slamet, M.Sc menyampaikan kunjungan rumah ODGJ diperlukan untuk mengetahui faktor risiko,  memberikan edukasi dalam rangka  melakukan pemberdayaan keluarga untuk  mengatasi masalah kesehatan terkait gangguan jiwa, pentingnya peran dukungan keluarga ODGJ, mulai dari dukungan kenyamanan, perhatian, penghargaan, penerimaan diri keluarga, termasuk didalamnya dukungan ketepatan minum obat, perawatan diri ODGJ, serta memberikan dukungan interaksi sosial. Proses pemulihan dan penyembuhan sangat diperlukan peran dukungan keluarga dan tempat terbaik dari ODGJ adalah keluarga.

Kepala Puskesmas mengakui, peningkatan kualitas hidup ODGJ juga semakin sulit dilakukan karena masih rendahnya pengetahuan ODGJ, keluarga dan masyarakat mengenai isu kesehatan jiwa. 

Kegiatan  bhakti sosial dan kunjugan rumah ini dilaksanaan bersama lintas sektor terkait, Kepolisian dan Koramil wilayah kecamatan  Petanahan. Untuk pelaksanaan kegiatan ini, UPTD Puskesmas Petanahan juga berkolaborasi dengan RS PKU Muhammadiyah Gombong.  Kegiatan kunjungan rumah di Desa Nampudadi (9 Oktober 2020)  didampingi langsung oleh dr. Rahmawati, M.Kes, Sp.KJ dari Rumah Sakit Muhammadiyah Gombong bersama Humas dari PKU Muhammadiyah Gombong Ibu Oneng. Dalam kesempatan ini RS.PKU Muhammadiyah Gombong juga memberikan cindera mata kepada ODGJ berupa paket alat kebersihan diri.